Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

"Sedekah,infaq itu harus seperti orang buang air besar"

Assalamu'alaikum

Teknik Analisa yang Digunakan Dalam Analisa Laporan Keuangan.

1. Analisa Perbandingan Laporan Keuangan
Metode dan teknik analisa dengan cara memperbandingkan laporan keuangan untuk dua periode atau lebih, dengan menunjukkan:
a) Data absolut atau jumlah-jumlah dalam rupiah.
b) Kenaikan atau penurunan dalam jumlah rupiah.
c) Kenaikan atau penurunan dalam prosentase.
d) Perbandingan yang dinyatakan dengan ratio.
e) Prosentase dari total.
Analisa metode ini akan dapat diketahui perubahan-perubahan yang terjadi, dan perubahan mana yang memerlukan penelitian lebih lanjut.

2. Trend Atau Tendensi Posisi Dan Kemajuan Keuangan Perusahaan Yang Dinyatakan Dalam Prosentase ( Trend Percentage Analysis), adalah suatu metode atau teknik analisa untuk mengetahui tendensi daripada kadaan keuangannya, apakah menunjukkan tendensi tetap, naik atau bahkan turun.

3. Laporan Dengan Prosentase Per Komponen Atau Connon Size Statement, adalah suatu metode analisa untuk mengetahui prosentase investasi pada masing-masing aktiva terhadap total aktivanya, juga untuk mengetahui struktur permodalannya dan komposisi perongkosan yang terjadi dihubungkan dengan jumlah penjualannya.

4. Analisis Sumber Dan Penggunaan Modal Kerja, adalah suatu analisa untuk mengetahui sumber-sumber serta penggunaan modal modal kerja atau untuk mengetahui sebab-sebab berubahnya modal kerja dalm periode tertentu.

5. Analisis Sumber Dan Penggunaan Kas (Cash Flow statement analysis), adalah suatu analisa untuk mengetahui sebab-sebab berubahnya jumlah uang kas atau untuk mengetahui sumber-sumber serta penggunaan ung kas selam periode tertentu.

6. Analisa Ratio, adalah suatu metode analisa untuk mengetahui hubungan dari pos-pos tertentu dalam neraca atau laporan laba rugi secara individu atau kombinasi dari kedua laporan tersebut.

7. Analisa Perubahan Laba Kotor (Gross Profit Analysis), adalah suatu analisa untuk mengetahui sebab-sebab perubahan laba kotor suatu perusahaan dari periode ke periode yang lain atau perubahan laba kotor suatu periode dengan laba yang dibudgetkan untuk periode tersebut.

8. Analisa break-even, adalah suatu analisa untuk menentukan tingkat penjualan yang harus dicapai oleh suatu perusahaan agar perusahaan tersebut tidak menderita kerugian, tetapi juga belum memperoleh keuntungan. Dengan analisa break-even ini juga akan diketahui bebagai tingkat keuntungan atau kerugian untuk berbagai tingkat penjualan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar