Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

"Sedekah,infaq itu harus seperti orang buang air besar"

Assalamu'alaikum

Konsep Pembelajaran Menurut Berbagai Aliran

1. Pembelajaran menurut Aliran Behavioristik. Langkah-langkah pembelajaran :
a. Menentukan tujuan instruksional.
b. Menganalisis lingkungan kelas termasuk identifikasi entry behavior peserta didik.
c. Menentukan materi pelajaran
d. Memecahkan materi pelajaran menjadi bagian kecil-kecil.
e. Menyajikan materi pelajaran
f. Memberikan stimulus yang mungkin berupa, pertanyaan, pelatihan dan tugas-tugas.
g. Mengamati dan mengkaji respon peserta didik.
h. Memberikan penguatan (mungkin positif atau negative)
i. Memberikan stimulus baru.

2. Pembelajaran menurut Aliran Kognitif.
 Tiga prinsip utama pembelajaran menurut Jean Piaget :
1. Belajar aktif
2. Belajar lewat interaksi sosial
3. Belajar lewat pengalaman sendiri
 Empat hal pokok penting yang perlu diperhatikan dalam belajar menurut J.A. Brunner:
1. Pengalaman-pengalaman optimal untuk mau dan dapat belajar.
2. Penstrukturan pengetahuan untuk pemahaman optimal.
3. Perincian urutan penyajian materi pelajaran.
4. Cara pemberian penguatan.
 Empat prinsip pembelajaran menurutt David Ausubel :
1. Kerangka cantolan ( Advance Organizer )
2. Diferensiasi progresif
3. Belajar superordinat
4. Penyesuaian integratif

3. Pembelajaran menurut Aliran Humanistik.
Filsafat pendidikan humanistik sangat mementingkan adanya kemerdekaan dan tanggung jawab. Maka tujuan pendidikan adalah untuk memanusiakan manusia agar manusia mampu mengaktualisasikan dirinya dengan sebaik-baiknya. Prinsip yang tampak dalam kegiatan pembelajaran adalah pembelajaran humanistic cenderung mendorong anak untuk berfikir induktif, karena mementingkan factor pengalaman dan keterlibatan aktif dalam proses belajar.

4. Pembelajaran menurut Aliran Kontemporer.
Pembelajaran teori kontemporer sendiri merupakan pembelajaran berdasarkan teori belajar konstruktivisme. Konstruktivisme berpegang kepada pandangan keaktivan peserta didik dalam mengkonstruksi pengetahuan berdasarkan interaksinya dalam pengalaman belajar yang diperoleh.maka dalam kaitan ini, pengajar dan peserta didik sama-sama aktif, peserta didik aktif mengkonstruksi pengetahuan dan pengajar sebagai fasilitator.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar