Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

"Sedekah,infaq itu harus seperti orang buang air besar"

Assalamu'alaikum

Hak Memperoleh Pendidikan Bagi Setiap Individu

Pendidikan merupakan suatu hal yang penting bagi setiap individu. Karena dengan pendidikan setiap orang mempunyai peluang yang besar untuk memperbaiki kesejahteraan hidupnya. Bahkan memperoleh pendidikan secara utuh dan menyeluruh menjadi suatu hak bagi setiap individu.

Mahalnya biaya pendidikan merupakan salah satu penyebab besarnya angka putus sekolah di Indonesia namun, hal itu bukan satu-satunya fackor penyebab tingginya angka putus sekolah. Jika sudah ada kebijakan pendidikan yang murah dan gratis, maka faktor-faktor lain yang menjadi penyebab putus sekolah juga harus disentuh, sebab akan menjadi mubazir jika pemerintah dapat menyediakan sekolah murah dan gratis, tapi belum tentu menjadi jaminan masalah anak putus sekolah bisa teratasi jika faktor-faktor lainnya tak teratasi. Diharapkan tidak hanya dari pihak pemerintah saja yang berupaya mengatasi permasalahan ini. Dari keluarga dan seluruh lapisan masyarakat diharapkan juga dapat ikut berpartisipasi dalam mengatasi permasalahan ini. Karena Negara yang maju ditentukan dari Sumber Daya Manusia rakyatnya.

Pendidikan murah atau gratis yang banyak diwacanakan dan diinginkan kalangan masyarakat, memang akan menolong jika ditinjau secara faktor ekonomi, namun kebijakan ini harus juga ditunjang dengan kebijakan yang lain untuk menuntaskan faktor-faktor penyebab putus sekolah lainnya. Karena faktor ekonomi bukan penyebab satu-satunya putus sekolah yang masih tinggi.

Karena masih banyak orang tua yang memiliki pola pikir bahwa pendidikan itu dianggap kurang penting, kemudian juga setengah memaksa anaknya membantu mencari nafkah, seperti di daerah pedalaman yang masyarakatnya hidup menggarap lahan pertanian dan jauh dari jangkau fasilitas pendidikan, atau di daerah kepulauan yang anak-anaknya terpaksa ikut melaut , ini harus ditangani.

Maka agenda lain yang tak kalah pentingnya, bahkan termasuk sangat penting dalam upaya menekan angka anak putus sekolah adalah mengubah pola pikir yang menganggap enteng pendidikan, dan menanamkan pola pikir baru kepada para orang tua bahwa pendidikan itu penting. Sosialisasi atau proses penyadaran ini harus terus dilakukan secara intensif dan dengan melibatkan setiap elemen masyarakat dengan sasaran para orang tua peserta didik. Sosialisasi tentang pentingnya pendidikan bagi anak-anak bangsa sekaligus merupakan agenda penyadaran di kalangan orangtua bahwa pendidikan sangat penting untuk bekal masa depan anak.

Upaya lain yang dapat ditempuh adalah dengan:
1. Meningkatkan motivasi masyarakat akan pentingnya pendidikan.
2. Memeratakan sarana dan prasarana penunjang berlangsungnya pendidikan di setiap daerah.
3. Memperbanyak atau meningkatkan pemberian beasiswa kepada siswa dari keluarga dengan ekonomi rendah
4. Lebih gencar mensosialisasikan program sekolah gratis tingkat SD dan SMP.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar