Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

"Sedekah,infaq itu harus seperti orang buang air besar"

Assalamu'alaikum

Merenungi Guru Sebagai Profesi

Permasalahan pendidikan bukanlah permasalahan satu arah tetapi melibatkan banyak komponen yang selalu terkait satu sama yang lain seperti siswa,guru,orang tua, masyarakat, kebijakan pemerintah, politisi, fasilitas.

Maka untuk melihat permasalah itu kita perlu melihat sistemnya, saat ini satu persatu permasalahan itu sudah mulai dibenahi salah satunya adalah dengan program sertifikasi guru dengan sertifikasi diharapkan kemampuan/kualitas guru akan meningkat seiring dengan reward yang diberikan pemerintah terhadap kemampuan mereka, ditengah keringnya penghargaan terhadap “Pahlawan tanpa jasa” ini seperti setitik air ditengah gurun pasir yang luas, walapun sampai saat ini belum terealisasi sepenuhnya tetapi kita harus tetap optimis untuk program ini.

Banyak faktor yang sangat menentukan dalam pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan seperti tenaga pendidik, siswa, tenaga kependidikan, fasilitas pendukung pendidikan lainnya, sebaiknya upaya perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan ini dilakukan secara terprogram dan terintegrasi yang memperhatikan semua komponen pendidikan tersebut.

Guru sebagai Salah satu Kunci sukses pendidikan (key Success Factor) yang sangat dominan dan memiliki pengaruh serta peranan yang sangat strategis tugasnya terhadap peningkatan mutu pendidikan ini dapat dilihat dari kinerja guru dalam menjalankan tugas-tugasnya, apabila anak didik dididik oleh guru-guru yang kompeten maka kemungkinan besar anak didik akan berhasil dalam pendidikannya.
seperti yang diungkapkan Supriadi (1998:15) ”Guru memegang peranan strategis terutama dalam upaya membentuk watak bangsa melalui kepribadian dan nilai-nilai yang diinginkan”, maka guru sebagai ujung tombak pendidikan tersebut perlu diperhatikan upaya-upaya peningkatan kinerjanya, seperti peningkatan taraf kesejahteraan dengan peningkatan gaji, tunjangan, kenaikan pangkat, peningkatan mutu akademik melalui pendidikan dan pelatihan, ruang kreativitas, perlindungan hukum terhadap profesi, Fasilitas kerja yang mendukung kenyamanan bekerja seperti kantor yang nyaman, penghargaan, dan memberikan peluang bagi guru untuk berkarir. Sampai saat ini komitmen untuk meningkatkan kinerja guru dengan berbagai program belum mampu untuk meningkatkan kinerja guru secara signifikan. Ini dapat dilihat dari program yang ada yang sampai saat ini belum menyentuh keadaan guru yang sebenarnya. Pengamatan selama ini memberikan kesan belum semua orang mengetahui, menyadari, dan mempunyai komitmen untuk meningkatkan kehormatan dan mutu guru.

Mengingat peranan strategis guru dalam setiap upaya peningkatan mutu, relevansi, dan efisiensi pendidikan sangat penting maka dibutuhkan pemahaman yang baik dan benar dari guru terhadap profesinya sehingga proses dan hasil dari pembelajaran dapat dicapai dengan maksimal karena dengan perubahan kurikulum, penerapan metode mengajar yang baru, pengelolaan sarana dan prasarana akan berdaya guna apabila didukung oleh guru yang profesional.

oleh:
Don Juano Tambunan,
Mahasiswa S2 Unimed

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar